Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 11 Juli 2010

Thomas Mueller, Top Skorer dan Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 2010


Spanyol juara piala dunia, Thomas Mueller sabet gelar pemain muda terbaik dan top skorer piala dunia 2010.
Sekitar 40 tahun silam Jerman pernah memiki mesin gol yang sangat produktif dalam sosok Gerd Mueller yang menjadi bintang dan top skorer di Piala Dunia 1970 lewat 10 gol yang dibukukannya saat usianya masih 24 tahun.

Kini, Der Panzer kembali melahirkan ujung tombak muda yang tak kalah tajam dengan nama yang hampir sama, Thomas Mueller. Pemain yang baru berusia 20 tahun ini dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 2010 sekaligus meraih gelar top skorer dengan koleksi 5 gol.

Koleksi gol Mueller memang sama dengan yang dijaringkan striker Spanyol David Villa, playmaker Belanda Wesley Sneijder dan ujung tombak Uruguay Diego Forlan.

Tapi, bintang Bayern Muenchen itu berhak atas penghargaan Sepatu Emas karena unggul dalam jumlah assist 3 sementara Villa, Sneijder dan Forlan hanya mencatat masing-masing 1 assist.

Villa sendiri menduduki posisi runner-up dan berhak atas Sepatu Perak karena mencatat menit yang lebih sedikit di lapangan ketimbang Sneijder yang mendapat Sepatu Perunggu dan Forlan.

"Peningkatan karier Thomas Muller yang sangat cepat terbilang luar biasa. Pemain yang dua tahun lalu masih di tim yunior Bayern Muenchen dan baru membuat debutnya di timnas Maret lalu, kini telah mencuri perhatian fans di mana pun dengan permainan dan gol-gol vitalnya,” kata Kelompok Studi Tkenik (TSG) FIFA, Jumat (9/7), saat mengumumkan Mueller sebagai kandidat Pemain Muda Terbaik bersama Giovani dos Santos (Meksiko) dan Andre 'Dede' Ayew (Ghana).

Mueller menjadi pemain Jerman ketiga yang meraih gelar Pemain Muda Terbaik Piala Dunia setelah Franz Beckenbauer (1966) dan Lukas Podolski (2006).

"Penghargaan ini akan saya bawa selamanya. Ini pengakuan yang indah atas semua kerja keras yang telah saya lakukan dalam setahun terakhir dan merupakan kehormatan besar menjadi bagian dari kelompok yang berisikan legenda seperti Beckenbauer dan Pele,” kata Mueller.

“Ini juga menunjukkan keistimewaan kualitas pengembangan para pemain muda di Jerman. Jadi, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada semua staf di Bayern Muenchend dan timnas Jerman yang selalu memberikan kepercayaan kepada saya.

“Saya sangat menimati sepakbola saya bersama para pemain di tim ini meski yang sebenarnya saya inginkan adalah merebut Piala Dunia sebagai bagian dari sebuah tim," tambah Mueller.

Musim lalu, Mueller membantu Bayern merebut double, juara Bundesliga dan Piala Jerman, dan tampil di final Liga Champions di mana Bayern kalah dari Inter Milan. Pemain bertinggi 186cm ini telah memainkan total 66 pertandingan untuk klub dan negaranya sepanjang musim 2009/2010.

Catatan Mueller di Piala Dunia 2010 ini pun sangat impresif: dalam enam penampilan ia mencetak 5 gol dan 3 assist. Gol-golnya itu pun tercipta dari lima tembakan ke gawang yang dilepaskannya di Afrika Selatan, sebuah tingkat efisiensi yang sempurna.

Mueller bukan hanya pemain berusia 20 tahun yang bisa mencetak gol di Afrika Selatan, tapi juga pemain termuda kedua sepanjang masa yang bisa mencetak 5 gol di Piala Dunia setelah legenda Brasil Pele di Piala Dunia 1958 saat usianya baru 17 tahun dan 249 hari.[Tempointeraktif]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Text Widget