Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 08 Agustus 2010

Ponsel Bisa Jadi Kartu Kredit

Dengan teknologi terbaru yang disebut payWave, ponsel Anda bisa berfungsi layknya kartu kredit. Jadi ketika berbelanja, Anda tinggal menggerakkan perangkat komunikasi tersebut ke sebuah alat untuk melakukan pembayaran..

PayWave yang dikembangkan oleh perusahaan bernama DeviceFidelity rupanya sudah mulai diterapkan Eropa. Perusahaan kartu kredit global Visa, bekerjasama dengan bank asal Turki dalam mengadopsi teknologi ini.

Dikutip dari Big News Networks, Jumat (6/8/2010), informasi bank yang dibutuhkan, tersimpan dalam kartu memori ponsel. Pengguna hanya tinggal menggerakkan ponsel di depan alat pembayaran kartu kredit di depan sebuah alat yang dilengkapi sensor. Cara kerjanya serupa dengan alat sensor untuk mengecek harga pada kasir di supermarket. Teknologi ini menggantikan cara pembayaran dengan menggesek kartu kredit pada perangkat pembaca kartu.

"Ke depannya, teknologi ini juga memungkinkan konsumen mentransfer uang," kata Kepala Departemen Teknologi Mobile Visa Eropa, Mary Carol Garris.

Sementara itu, Direktur Regional Visa Eropa Berna Ulman menyebutkan, Turki menjadi yang pertama di Eropa menerapkan teknologi baru untuk kartu kredit ini.

"Dengan 30.000 unit perangkat payWave diluncurkan di Turki, negeri ini menjadi yang pertama mengadopsinya di Eropa," kata Ulman.

Demi keamanan, ditambahkan Ulman untuk pembayaran di atas 35 lira atau sekitar Rp 200.000 harus menggunakan nomor pin. Sementara transaksi pembayaran di bawah angka itu bisa langsung tinggal menggerakkan ponsel. ( rns / ash-detik )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Text Widget